Tanda-Tanda Seseorang Kecanduan Alkohol

Kecanduan alkohol atau alkolisme tidak terjadi dengan tiba-tiba. Terdapat beberapa tahapan yang disertai dengan tanda-tanda tertentu. Inilah Tanda-Tanda Seseorang Kecanduan Alkohol

Selamat datang kembali di halaman Obat Degenerasi Makula yang tak lain adalah salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang secara profesional sudah banyak menerima pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan bahkan luar negeri dengan pelayanan ‘Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran’. Kami tidak hanya memberikan informasi mengenai produk kami, karena kami juga akan memberikan informasi mengenai semua yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah mengenai Tanda-Tanda Seseorang Kecanduan Alkohol yang sudah kami uraikan berikut ini.

tanda-tanda-seseorang-kecanduan-alkohol

Tanda-Tanda Seseorang Kecanduan Alkohol — Tentunya anda pasti tahu bahwa alkohol jika dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering menimbulkan kecanduan. Dan kecanduan tersebut berdampak buruk bagi kesehatan mental maupun fisik.

Saat tubuh terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, maka resiko terjangkit kanker akan lebih besar. Penyakit lainpun mengincar kesehatan jiwa anda.Dan secara mental, anda cenderung melakukan hal-hal yang berbahaya, seperti menyakiti diri sendiri bahkan orang lain.

Mungkin tanpa anda sadari, saat ini anda masuk dalam lingkaran tersebut, kecanduan alkohol. Sayangnya anda belum sadar benar. Lantas apa saja ciri-ciri seseorang yang kecanduan alkohol??

Tanda Kecanduan Alkohol

  • Ketergantungan pada alkohol

Alkoholisme ditandai dengan ketergantungan pada alkohol. Artinya, seseorang tidak bisa melakukan aktivitas secara normal tanpa alkohol.

Jika sebenarnya seseorang menyadari efek buruk alkohol pada kesehatan, pekerjaan, dan kehidupan pribadi namun tetap tidak bisa meninggalkannya, seseorang tersebut bisa disebut mengalami kecanduang berat.

Meskipun konseling berkala telah dilakukan namun belum berhasil menghentikan konsumsi alkohol, hal ini menjadi pertanda pula akan alkoholisme.

  • Minum alkohol diam-diam

Tanda lain alkoholisme adalah sering minum alkohol untuk menghilangkan stres dan melakukannya di tempat di mana tidak ada seorangpun yang melihat.

Mereka menggunakan alkohol sebagai cara mengurangi tekanan, kekecewaan mental, dan kesepian.

  • Masalah sosialisasi

Reputasi seseorang akan rusak saat lingkungan mulai melabelinya sebagai alkoholik. Rusaknya reputasi akan membuat seseorang menjadi sensitif, mudah tersinggung, serta menarik diri sehingga memicu konflik dengan rekan kerja, keluarga, atau pasangan.

  • Mencari kesempatan untuk minum

Seseorang yang selalu berpikir untuk minum alkohol dan mulai terobsesi dengannya merupakan tanda peringatan alkoholisme.

  • Perubahan perilaku

Sering mengonsumsi alkohol memiliki efek buruk pada tubuh serta otak. Alkohol membuat seseorang mudah kesal dan marah karena sebab sepele atau bahkan tanpa sebab apapun.

Kepercayaan diri yang rendah, tangan gemetar, dan kelemahan juga merupakan tanda-tanda alkoholisme.

Beberapa tanda umum alkoholisme meliputi nafsu makan rendah, penurunan fungsi memori atau ketidakmampuan untuk mengingat sesuatu, tidak sadarkan diri, insomnia, kehilangan kontrol atas tubuh, dan penurunan berat badan.

  • Menyembunyikan alkohol di berbagai tempat

Seseorang yang merasa takut kebiasaan minumnya diketahui orang lain dan mulai menyembunyikan alkohol di berbagai tempat seperti mobil, lemari, kamar mandi, dll, merupakan pertanda kecanduan alkohol.

  • Menghabiskan banyak waktu di bar

Jika seseorang berada di bar untuk minum lebih lama dari waktu yang biasa dihabiskan, hal ini bisa menjadi tanda alkoholisme.

  • Kurang berminat melakukan berbagai kegiatan

Seseorang yang mencandu alkohol tidak berminat melakukan berbagai aktivitas seperti melakukan hobi atau berolahraga.

  • Mengabaikan penampilan

Seseorang yang mulai mencandu alkohol tidak lagi peduli dengan penampilan dan perawatan tubuh serta kebersihan pribadi.

  • Isu di tempat kerja

Alkoholisme bisa pula ditandai dengan menurunnya prestasi kerja, menyalahkan orang lain atas kesalahan sendiri, dan sering terlambat masuk kerja.

Baca Juga : Cara Membedakan Sakit Perut Biasa Dengan Radang Usus Buntu

Nah, itulah Tanda-Tanda Seseorang Kecanduan Alkohol. Hati-hati, segera kurangi konsumsi alkohol dan minta bantuan ahli jika anda mulai mengalaminya.

Tanda-Tanda Seseorang Kecanduan Alkohol

Advertisements

Cara Membedakan Sakit Perut Biasa Dengan Radang Usus Buntu

Seringkali radang usus buntu tidak nampak karena letaknya yang berada pada bagian rongga perut. Maka dari itu mungkin banyak orang yang masih bingung bagaimana Cara Membedakan Sakit Perut Biasa Dengan Radang Usus Buntu

Selamat datang kembali di halaman Obat Degenerasi Makula yang tak lain adalah salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang secara profesional sudah banyak menerima pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan bahkan luar negeri dengan pelayanan ‘Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran’. Kami tidak hanya memberikan informasi mengenai produk kami, karena kami juga akan memberikan informasi mengenai semua yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah tentang Cara Membedakan Sakit Perut Biasa Dengan Radang Usus Buntu berikut ini.

cara-membedakan-sakit-perut-biasa-dengan-radang-usus-buntu

Cara Membedakan Sakit Perut Biasa Dengan Radang Usus Buntu — Rasa sakit akibat usus buntu pada umumnya penderita akan merasakan perasaan seperti ditusuk-tusuk dan jika bagian perut kanan bawah ditekan atau diregangkan perasaan sakit akan bertambah hebat. Gejala lainnya bisa juga diikuti dengan demam, mual-mual bahkan muntah. Selain itu terkadang juga disertai dengan diare dan juga ada yang susah buang air besar. Pemaparan ini diungkapkan oleh Dr T. Bahdar Johan, SpPD, yang merupakan dokter dari RS Premier Bintaro.

Perasaan sakit pada bagian perut kanan bawah merupakan ciri yang khas dari penyakit radang usus buntu. Menurut DR Dr Rino Alvani Gani, SpPD, K-GEH, FINASIM yang merupakan divisi Digestif RSCM Kencana juga berpendapat bahwa pada keadaan awal rasa sakit radang usus buntu tidak khas bisa dirasa pada bagian kanan atau juga tengah namun dalam beberapa jam kemudian rasa sakit biasanya bisa beralih pada bagian kanan bawah perut dan apabila ditekan perasaan sakit akan lebih jauh terasa.

Namun tentu saja perasaan sakit pada bagian kanan bawah perut ini bisa juga disebabkan oleh adanya permasalahan pada organ lain. Seperti yang diungkapkan oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB yang merupakan dokter dari FKUI-RSCM. Dokter Ari Fahrial mengungkapkan bawa perasaan sakit yang muncul pada bagian perut kanan bawah belum tentu dapat disimpulkan sebagai radang usus buntu, karena bisa saja diakibatkan oleh adanya masalah pada orang-organ dalam lain.

Maka dari itu jika muncul gejala-gejala yang timbul seperti rasa sakit pada bagian kanan bawah perut, langsung saja mengkonsultasikannya dengan dokter dan jangan menunda-nunda sehingga rasa sakit pada perut tersebut dapat didiagnosis lebih awal untuk memastikan apakah sakit usus buntu atau ada sebab lain yang menyebabkan rasa sakit pada perut tersebut.

Baca Juga >> Masalah Kesehatan Yang Muncul Akibat Sering Naik Pesawat

Nah begitulah Cara Membedakan Sakit Perut Biasa Dengan Radang Usus Buntu. Semoga apa yang kami kutif diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Cara Membedakan Sakit Perut Biasa Dengan Radang Usus Buntu

Masalah Kesehatan Yang Muncul Akibat Sering Naik Pesawat

Bepergian dengan pesawat terbang dianggap paling aman bila dibandingkan dengan mode transportasi lain. Namun ada beberapa Masalah Kesehatan Yang Muncul Akibat Sering Naik Pesawat

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa tersentuh bahan kimia.

masalah-kesehatan-yang-muncul-akibat-sering-naik-pesawat

Masalah Kesehatan Yang Muncul Akibat Sering Naik Pesawat — Semakin berkembangnya mode transportasi sangat membantu mempermudahkan untuk pergi ke suatu tempat yang dikehendaki. Baik itu melewati jalur darat, laut atau bahkan udara. Dan kebanyakan orang memilih transportasi udara sebagai jalan yang bebas hambatan. Transportasi yang umum digunakan di jalur udara adalah pesawat terbang.

Pesawat merupakan alat transportasi yang bayak digunakan orang untuk bepergian ke tempat yang jauh, sperti antar propinsi, antar pulau, atau antan negara, dan untuk beribadah haji. Sehingga seiring berjalannya waktu, transportasi laut muali menurun peminatnya.

Meskipun penawaran perjalan yang cepat dan tanpa hambatan, sering naik pesawat juga memiliki beberapa macam masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan tersebut dapat disebabkan oleh jarak tempuh yang terlalu lama atau karena hal lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut masalah kesehatan akibat sering naik pesawat :

  • Bau mulut

Banyak fungsi tubuh yang melambat selama Anda berada dalam pesawat akibat adanya tekanan udara. Proses inilah yang kemudian membuat tubuh memutuskan untuk memprioritaskan fungsi lain sebagai gantinya. Dan kelenjar ludah juga terkena dampaknya sehingga menghasilkan lebih sedikit air liur. Hal ini berarti bahwa akan ada lebih banyak bakteri yang berkembang dan menyebabkan bau mulut.

  • Kaki bengkak

Duduk diam dalam waktu lama serta dalam kondisi sempit mampu menyebabkan kaki Anda menjadi bengkak. Belum lagi ditambah dengan dehidrasi serta tekanan udara yang mampu membuat sirkulasi darah memburuk dan membuat darah menggumpal. Hasilnya Anda akan mengalami deep vein thrombosis (DVT) yang membuat kaki membengkak.

  • Selera makan menurun

Sebuah penelitian tentang dunia penerbangan di tahun 2010 menyebutkan bahwa kemampuan seseorang untuk merasakan suatu makanan akan menurun sebanyak 30% ketika mereka berada dalam pesawat. Hal ini disebabkan karena udara yang kering akan membuat saluran hidung dan selaput lendir Anda tak lagi lembab yang akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk merasakan suatu masakan.

  • Pusing

Semakin tinggi pesawat Anda mengudara, maka kadar oksigen akan semakin menipis. Akibatnya kadar oksigen dalam tubuh Anda pun akan menurun sehingga membuat kepala Anda pusing serta mudah lelah.

  • Kulit kering

Tingkat kelembapan yang rendah dalam kabin juga bisa memberikan pengaruh buruk pada kulit, salah satunya adalah kulit menjadi kering. Terlebih lagi, jika Anda melakukan perjalanan dengan intensitas tinggi dan membuat Anda stres. Sebab stres sendiri akan menghasilkan produksi hormon kortisol yang membuat kulit Anda kemerahan, kering, dan mudah berjerawat.

  • Sembelit

Duduk dalam waktu yang lma akan membuat perubahan tekanan yang dramatis pada tubuh Anda. Hasilnya Anda akan mengalami kembung, sembelit, dan sakit perut. Selain itu, perubahan zona waktu yang Anda alami saat penerbangan juga akan membuat Anda mengalami sembelit.

Demikian informasi Masalah Kesehatan Yang Muncul Akibat Sering Naik Pesawat. Hal diatas bisa dicegah dengan selalu mengoleskan krim dikulit agar tidak kering, banyak minum air putih untuk menghindari pusing, serta makan banyak serat agar tidak sembelit.

Terus kunjungi situs https://obatdegenerasimakula.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya.

Masalah Kesehatan Yang Muncul Akibat Sering Naik Pesawat

Kesalahan Saat Sarapan Yang Bikin Badan Tambah Gemuk

Sarapan adalah asupan makan yang paling penting untuk memulai hari. Tapi beberapa kebiasaan sarapan tanpa disadari dapat menambah berat badan. Berikut ini Kesalahan Saat Sarapan Yang Bikin Badan Tambah Gemuk

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa tersentuh bahan kimia.

kesalahan-saat-sarapan-yang-bikin-badan-tambah-gemuk

Kesalahan Saat Sarapan Yang Bikin Badan Tambah Gemuk — Seperti yang kita ketahui, sarapan menjadi waktu makan paling penting setiap harinya. Melewatkan sarapan, berpotensi menyebabkan kegemukan karena Anda cenderung akan mengonsumsi lebih banyak makanana di siang harinya. Tapi cara sarapan yang salah justru bisa berakibat sama, yaitu penumpukan lemak dan kalori berlebih.

Kesalahan sarapan yang bikin gemuk

  • Minum Jus

Segelas jus jeruk atau apel mungkin bisa hadi penyemangat di awal hari. Tapi ketika buah diblender atau dijus, umumnya yang tersisa hanya kandungan air dan gula. Meskipun masih mengandung vitamin, Anda tidak mendapatkan manfaat serat yang bermanfaat membuat perut terasa kenyang lebih lama hingga makan siang nanti. Daripada jus, lebih baik makan jeruk dalam bentuk aslinya yang dibarengi dengan sarapan bubut oats dan air putih.

  • Pancake & Waffle

Siapa yang tidak suka sarapan dengan pancake atau waffle yang lezat? Tapi dua makanan yang terbuat dari terigu itu tidak disarankan untuk makan pagi, terutama bila dikonsumsi bersama sirup atau bubuk gula. Tepung terigu cepat menaikkan gula darah, tapi cepat juga turun sehingga Anda akan merasa lapar segera setelah sarapan. Pakar kesehatan Dr. Lisa Davis menyarankan untuk mengganti sarapan dengan sereal gandum utuh atau roti gandum dengan telur rebus. Anda akan merasa kenyang lebih lama.

  • Sarapan Pastry

Aneka pastry seperti croissant atau apple struddle memang paling pas untuk dinikmati. Tapi bagi lidah, bukan tubuh. Hindari sebisa mungkin untuk memakannya karena pastry mengandung banyak gula dan lemak jenuh. “Sereal bersalut gula, pastry, bagel dan cinnamon roll sangat menggoda, tapi cenderung menyebabkan gula darah naik drastis, diikuti dengan energi yang cepat hilang sehingga Anda sudah ingin ngemil sebelum jam makan siang,” tutur Lisa, yang menjabat sebagai vice president Scientific and Clinical Affairs di Medifast.

  • Minum Kopi

Minum kopi di pagi hari sebenarnya tidak masalah, jika Anda tidak menambahkannya dengan gula pasir, creamer atau whipped cream. Bahan-bahan tambahan itu bisa membuat secangkir kopi hitam yang seharusnya rendah kalori menjadi sumber kalori berlebih. Jika ingin minum kopi di pagi hari, sebaiknya pilih kopi hitam dengan sedikit gula aren.

  • Sarapan Sehat Tapi Banyak

Makanan rendah protein, karbohidrat kompleks, sayur dan buah mentah sangat baik untuk sarapan. Tapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sebanyak yang dimau. Makanlah dengan porsi secukupnya dan jangan sampai terlalu kenyang. Selain jadi mengantuk karena kekenyangan, kalori yang diasup juga jadi terlalu banyak.

Itulah Kesalahan Saat Sarapan Yang Bikin Badan Tambah Gemuk. Jika tidak mau badan anda makin lebar, segera hentikan kebiasaan diatas. Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://obatdegenerasimakula.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya.

Kesalahan Saat Sarapan Yang Bikin Badan Tambah Gemuk

Kebiasaan Umum Yang Ternyata Merupakan Sumber Penyakit

Tidak dipungkiri manusia termasuk makhluk hidup yang punya berbagai kebiasaan sejak mata mulai membuka sampai kembali menutup di malam hari. Ada Kebiasaan Umum Yang Ternyata Merupakan Sumber Penyakit yang harus segera dihentikan jika tidak ingin terjadi masalh serius nantinya.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

Kebiasaan Umum Yang Ternyata Merupakan Sumber Penyakit

Kebiasaan Umum Yang Ternyata Merupakan Sumber Penyakit — Semua orang tentunya mempunyai berbagai kebiasaan. Mulai dari kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Kebiasaan biasa dimulai sejak seseorang memulai aktivitasnya hingga menuju tidur yang lelap.

Kebiasaan tentunya sangat sulit untuk dilepaskan bahkan dihentikan. Namun sebaiknya jika kebiasaan yang dimiliki merupakan kebiasaan buruk secepatnya untuk dihentikan.

Ternyata ada kebiasaan umum yang ternyata juga merupakan kebiasaan buruk. Jika dilihat lihat ini merupakan kebiasaan sepele. Namun dampaknya ternyata lebih pada ke kesehatan.

Kebiasaan buruk sumber penyakit

  • Kebiasaan menggigit bolpen

Anda mungkin satu dari sekian banyak orang yang punya kebiasaan menggigit bolpen, apalagi kalau sedang berpikir keras. Memang ada kalanya saat menggigit bolpen kita jadi begitu terdorong untuk berpikir kreatif tapifaktanya itu hanyalah kebiasaan yang tidak berguna bahkan justru sumber penyakit. Faktanya pulpen atau bolpen justru merupakan salah satu sarang kuman dan bakteri yang paling sering luput dari perhatian. Bayangkan saat anda menggigitnya apalagi sampai membasahinya.

  • Menutup Mulut dan Hidung dengan Tangan saat Bersin

Saat bersin kita disarankan untuk menutup mulut agar kumat, bakteri ataupun virus yang keluar tidak sampai menjangkit orang lain. Tapi faktanya kita dianjurkan menutup mulut dengan tisu bukannya dengan tangan seperti yang banyak dilakukan orang-orang. Jangan salah kebiasan ini juga sumber penyakit karena tangan yang terjangkit kuman dan bakteri justru dapat menyebar disekitar Anda khususnya terhadap barang yang setiap saat Anda sentuh.

  • Membuka Bungkusan dengan Gigi

Banyak orang yang sering melakukannya bahkan mungkin Anda juga termasuk salah satunya. Karena tidak sabar untuk membuka bungkusan yang sulit gigi justru jadi jalan pintas tercepat. Tapi tentu saja kebiasaan ini justru berbahaya karena Anda tidak pernah tahu kuman, bakteri atau virus apa yang melekat dibungkusannya.

  • Menggigit Kuku

Saat bosan, stres atau sedang khawatir selain menggigit bolpen tidak jarang beberapa orang juga suka menggigit-gigit kukunya. Bahkan gigi kadang digunakan jadi pemotong kuku. Kebiasaan yang satu ini pastinya tidak sehat bahkan jadi sumber penyakit, karena menggigit kuku bisa memindahkan kuman atau bakteri dari tangan ataupun kuku ke mulut.

  • Tidak Mencuci Tangan Setelah Buang Air

Hayo siapa yang sering melakukan ini, mungkin saja kalau buang air besar tidak terjadi tapi bagaimana jika buang air kecil?  Kami  yakin banyak orang tanpa sadar melakukannya padahal faktanya ada banyak bakteri yang dapat menjangkiti tangan setelah buang air.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan. Semoga artikel Kebiasaan Umum Yang Ternyata Merupakan Sumber Penyakit yang kami buat ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

BACA JUGA :

  1. Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tak Sengaja Menelan Permen Karet
  2. benarkah bayi yang lahir caesar lebih berisiko obesitas?
  3. dampak buruk karena sering minum minuman bersoda

Terus kunjungi situs https://obatdegenerasimakula.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya.

Kebiasaan Umum Yang Ternyata Merupakan Sumber Penyakit

Alasan Mengapa Pasien Harus Berpuasa Sebelum Operasi

Bila anda pernah menjalani operasi dan memerlukan tindakan anesti, pasti dokter juga mewajibkan anda berpuasa beberapa jam sebelum tindakan operasi. Ternyata ini dia  Alasan Mengapa Pasien Harus Berpuasa Sebelum Operasi

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan barang 100% asli bukan barang tiruan, karena kami merupakan agen resmi Green World Global. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Alasan Mengapa Pasien Harus Berpuasa Sebelum Operasi

Alasan Mengapa Pasien Harus Berpuasa Sebelum Operasi — Dunia kedokteran memiliki aturan baku dalam menyelamatkan para pasiennya. Salah satunya aturan adalah harus berpuasa sebelum menjalani operasi. Biasanya puasa diharuskan selama enam sampai delapan jam sebelum operasi dimulai. Bagi masyarakat awam, hal ini tentu menjadi salah satu tanda tanya besar.

Mengingat kondisi pasien saat menjalani operasi membutuhkan nutriai, namun justru diharuskan untuk menjalani puasa dengan rentan waktu yang cukup lama. Tidak jarang keluarga tanpa sepengetahuan dokter memberi minuman atau makanan karena kasihan melihat kondisi pasien yang terlihat kehausan dan kelaparan.

Lantas apa alasan dokter mengharuskan pasien berpuasa sebelum menjalani operasi? Dan apakah semua operasi harus dilalui dengan cara itu? Mengingat hampir semua orang bisa saja menjalani enis oprasi yang berbeda dengan tingkat keparahan yang berbeda pula. Ternyata aturan ini sudah sesuai dengan standar kesehatan dan dilakukan demi keselamatan nyawa pasien saat sedang menjalani operasi.

Sebelum menjalani operasi, seorang akan mendapat bius terlebih dahulu agar tidak merasakan sakit ketika proses operasi berjalan. Dalam dunia medis, ada dua bius yang biasa digunakan yakni bius lokal dan bius umum. Ini berkaitan erat dengan alasan harus berpuasa sebelum tindakan operasi.

Bius lokal hanya menghilangkan rasa sakit dibagian tubuh yang dioperasi saja. Sedangkan bius umum, akan membuat anda tidak sadar sepenuhnya. Hal tersebut biasanya akan berlangsung selama prosedur operasi. Mulai dari awal hingga selesai.

Biasanya pasien yang akan mendapatkan pembiusan umum, anda tidak akan diizinkan makan dan minum apapun. Hal tersebut disebabkan, ketika anda berada di bawah pengaruh bius, reflek tubuh anda akan dihentikan sementara waktu.

Kondisi yang mungkin akan terjadi jika anda makan dan minum sebelumnya pembiusan dilakukan adalah, adanya  kemungkinan anda akan muntah atau akan terjadi regurgitasi (yaitu naiknya makanan ke tenggorokan).

Jika hal tersebut terjadi, makanan yang dimakan bisa saja masuk ke paru-paru dan mempengaruhi pernapasan, serta menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Muntah pada kondisi ini sangat berbahaya, karena isi lambung dengan pH (derajat keasaman) 2,5 atau kurang yang masuk ke dalam bronchus ( cabang tenggorok ) akan mengakibatkan terjadinya kematian sel/jaringan  epitel dan terjadi sembab jaringan paru-paru dengan alveoli penuh dengan hyaline (zat pembentuk dinding kista), eksudat (bahan yang merembes melalui pembuluh darah pada peradangan) dan sel-sel darah merah.

Pada awal terjadinya muntah ini, mungkin kondisi pasien tidak banyak menunjukkan gejala.Tetapi beberapa saat kemudian, pasien bisa jatuh dalam dalam keadaan yang sangat berbahaya, yaitu disertai sianosis (kulit selaput lendir pucat kebiruan karena kurang oksigen), sesak nafas dan takikardi (frekuensi denyut jantung meningkat/berlebihan) yang dapat menyebabkan kematian. Dalam medis, sindroma masuknya isi lambung ke dalam paru-paru disebut dengan sindroma mendelson.

Hal ini disebabkan tingginya tekanan dari cairan dalam lambung, letak lambung yang lebih tinggi daripada letak faring dan akibat tekanan intraesofageal yang relatif menurun. Seperti diketahui, makanan yang kita konsumsi, akan tertahan sampai sekitar 6 jam dalam lambung dan untuk kemudian secara bertahap didorong ke usus (duodenum ).Sehingga secara teoritis setelah sekitar 6 jam lambung akan kosong.

Demikian penjelasan mengenai Alasan Mengapa Pasien Harus Berpuasa Sebelum Operasi. Jadi, sudah sangat jelaskan kenapa sebelum seorang pasien dioperasi harus berpuasa terlebih dahulu. Tindakan tersbut tidak akan membahayakan si pasien. Jadi sebaiknya pasien selalu mengikuti daran dokternya.

BACA JUGA :

Terus kunjungi situs https://obatdegenerasimakula.wordpress.com untuk update informasi mengenai kesehatan lainnya.

Alasan Mengapa Pasien Harus Berpuasa Sebelum Operasi